Umpan Mancing Ikan Tawes Terbukti Galak

Umpan Mancing Ikan Tawes - Anda suka memancing? Bagi beberapa orang, memancing merupakan salah satu cara untuk melepas penat dari kesibukan seharin-hari. Dengan memancing, alam bawah sadar akan rileks dengan sendirinya. Apalagi ketika kail disambar ikan.

Sensasi memperoleh buruan seakan-akan dipuaskan melalui memancing. Nah artikel kali ini akan menjelaskan umpan memancing ikan tawes dan juga beberapa tips supaya kegiatan memancing Anda menjadi lebih seru. Tidak sulit menemukan habitat ikan tawes.

Anda bisa menemukannya di sungai, danau, waduk, bahkan di dataran banjir. Ikan-ikan ini menyukai tipe aliran air yang tenang dan menggenang. Bila tempat tinggal Anda jauh dari sungai atau waduk, Anda bisa juga pergi ke tempat pemancingan yang biasanya berupa kolam.

Umpan ikan tawes biasanya berupa lumut, sayuran hijau seperti sawi, dan serangga kecil. Tidak jauh berbeda dengan umpan memancing ikan lain pada umumnya. Hanya saja, ikan tawes lebih menyukai umpan yang berupa tumbuhan daripada umpan hidup.



Umpan Mancing Ikan Tawes Terbukti Galak

Ikan ini juga menyukai aroma vanila. Anda bisa menncampurkannya ke umpan sebelum dipasang ke kail. Anda juga bisa membeli umpan yang sudah jadi yang banyak beredar di pasaran. Jika ingin hasil yang memuaskan, sebaiknya Anda membuat umpan racikan sendiri.

Bahannya sangat mudah dan umunya tersedia di warung dekat rumah Anda. Anda hanya perlu menyiapkan kacang tanah, ampas kacang kering (bisa juga diganti dengan dedak atau bekatul), kedelai dengan perbandingan 1:1:1. Blender ketiganya secara terpisah.

Setelah itu siapkan ubi, kacang mede dan jagung manis muda (bukan jagung muda untuk memasak, tetapi jagung yang belum masak pohon). Haluskan ketiga bahan tersebut secara terpisah. Kemudian disangrai dengan minyak samin atau butter.

Setelah selesai semuanya, campur semua bahan tadi dan uleni dengan tangan sampai kalis. Oleskan sisa minyak samin ke adonan kemudian bungkus dengan daun pisang. Kukus adonan sampai matang. Anda boleh mengangkatnya ketika adonan berubah warna lebih gelap daripada sebelumnya. 

Ketahanan racikan umpan mancing ini hanya bertahan sampai 2 minggu jika di simpan di lemari pendingin. Jika ingin digunakan dalam waktu lama, tambahkan pengawet makanan ketika menguleni adonan. Pengawet yang digunakan bisa berupa natrium benzoat, asam ntrat, dan sejenisnya.

Tanyakan dosis yang aman pada penjual. Gunakan hanya separuh dari dosis aman untuk manusia. Anda bisa mencari pengawet makanan di toko bahan kimia. Meskipun membuat umpan mancing alami ini sedikit rumit dan bahannya pun terlihat enak, sayang jika hanya digunakan untuk membuat umpan.

Namun Anda tidak perlu khawatir tentang daya tariknya untuk memancing ikan tawes. Umpan ini terbukti ampuh dan jitu. Bahkan banyak para pemancing yang sering membuat umpan ini.

Adonan ini tidak perlu ditambahkan aroma vanila. Butter saja sudah cukup kuat aromanya. Umpan ini juga bisa Anda gunakan tidak hanya untuk memancing ikan tawes. Jika memancing di sungai atau di danau, kemungkinan besar Anda akan mendapat jenis ikan air tawar lainnya.

Selamat memancing! Semoga hasil tangkapannya menyenangkan ya. Anda punya tips dan saran seputar umpan memancing ikan tawes? Share di kolom komentar ya.

Komentar

  1. Terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2OulKCm

    BalasHapus

Posting Komentar